Antisipasi Lonjakan Penumpang, PT AP II Siapkan Terminal 1B Soetta

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-PT Angkasa Pura (AP) II menyiapkan langkah-langkah antisipasi lonjakan kedatangan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten saat arus balik mudik Lebaran.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik mengatakan AP II akan mengoperasikan Terminal 1B jika kedatangan penumpang di bandara mencapai 150.000-160.000 orang.

"Terminal 1B itu sifatnya stand by, tactical. Apabila penumpang kami prediksi hari ini mencapai 150.000-160.000, maka kami siapkan. Sekarang posisi stand by," kata Holik dalam keterangannya, Sabtu (7/5).

Holik memprediksi keramaian kedatangan penumpang di Bandara Soetta terjadi pada Sabtu ini hingga Senin (9/5).

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya telah membuat analisis dan mitigasi risiko.

Awaluddin memprediksi, kedatangan penumpang tertinggi akan terjadi pada 8 Mei 2022. Ia memperkirakan ada sekitar 150.000 penumpang yang tiba di Bandara Soetta.

Ia memastikan fasilitas di area kedatangan domestik dan internasional dapat mengakomodasi tingginya volume penumpang.

"Kita semua bersama-sama menjaga standar pelayanan dan operasional Bandara Soekarno-Hatta,s erta tentunya protokol kesehatan di tengah pandemi sekaligus menjaga reputasi bandara ini," ucap Awaluddin.

Awaluddin mengatakan, AP II menyiagakan sekitar 5.500 personel di bandara, yang di antaranya terdiri dari passenger service, digital service, trolley boy, terminal inspection service, airport operation control, dan medical service. (CNN)